University in USA


    USA

    Lokasi

    Terletak di benua Amerika, Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian.? Amerika Serikat merupakan negara multietnis dan multikultural, yang disebabkan oleh masuknya para imigran dari seluruh dunia.

    Populasi

    Sebelum kedatangan orang Eropa, Amerika telah dihuni oleh orang-orang Indian selama beribu-ribu tahun. Namun populasi suku Indian menurun drastis akibat wabah penyakit dan peperangan dengan pendatang Eropa. Sebagian besar penduduk di AS ialah keturunan imigran Eropa. Banyak orang yang diturunkan dari Jerman, Inggris, Skotlandia, Irlandia, dan Italia. Dengan luas wilayah 9,83 juta km2 dan penduduk sebesar 309 juta jiwa, Amerika Serikat adalah negara terbesar ke-3 atau ke-4 berdasarkan total luas wilayahnya dan terbesar ke-3 berdasarkan jumlah penduduk.

    Cuaca

    Amerika Serikat memiliki 4 musim : musim dingin, semi, panas dan gugur.

    • Musim dingin : Desember – Februari
    • Musim semi : Maret – Mei
    • Musim panas : Juni – Agustus
    • Musim gugur : September – November

    Perbedaan Waktu
    Amerika Serikat merupakan negara yang sangat besar, maka zona waktu dibedakan menjadi 6 zona waktu yang berbeda.?
    - Hawaiian Standard Time (EST) : GMT-10 atau Indonesia WIB-17
    - Alaska Standard Time (AKST) : GMT-9 atau Indonesia WIB-16
    - Pacific Standard Time (PST) : GMT-8 atau Indonesia WIB-15
    - Mountain Standard Time (MST) : GMT-7 atau Indonesia WIB-14
    - Central Standard Time (CST): GMT-6 atau Indonesia WIB-13
    - Eastern Standard Time (WST): GMT-5 atau Indonesia WIB-12

    Biaya Hidup

    Biaya hidup yang dikeluarkan di Amerika Serikat per bulan berkisar antara USD$ 1,000 -? 3,000.? Kota, tempat tinggal dan gaya hidup mempengaruhi biaya yang dibutuhkan.

    Obyek Wisata

    • Grand Canyon
    • Hollywood Walk of Fame
    • Niagara
    • Central Park
    • Golden Gate
    • Hawaii
    • George W. Childs Recreation Site

    Pendidikan di Amerika

    Institusi pendidikan di Amerika menawarkan banyak pilihan bagi para murid, yaitu :

    Community College, College, Universitas (baik private maupun public) serta English Language Programs.

    Tiap state atau negara bagian di Amerika memiliki sistem pendidikan tersendiri, sehingga ada 50 macam sistem pendidikan di AS sesuai dengan jumlah negara bagian. Masing-masing mendelegasikan kekuasaannya kepada dewan sekolah. Karena itu kontrol pendidikan terletak pada sekolah dan masyarakat di kabupaten.

    Di Amerika, Anda akan melihat perspektif yang berbeda. Murid dilatih untuk mengamati dan menganalisa masalah, lalu menyelesaikannya. Anda akan diharapkan untuk mendengarkan teman sekelas Anda dan tantangan pandangan mereka. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengatur dan menyajikan argumen.

    Mengapa Memilih Belajar di Amerika?

    • Universitas di Amerika Serikat memiliki kurikulum komprehensif yang dihargai baik oleh mahasiswa maupun para pemberi kerja. Amerika Serikat menawarkan banyak jumlah program kuliah yang: mulai dari program akademis sangat tinggi seperti fisika nuklir, sampai program studi yang sangat kreatif seperti seni dan sutradara film.
    • Hubungan erat antara penelitian dan pendidikan telah membawa sejumlah institusi Amerika Serikat di garis depan penelitian dan pengembangan teknologi.
    • Penggunaan teknologi mutakhir dan fasilitas belajar yang baik, pengajaran yang unggul, ditambah dengan program belajar individual dan perhatian individu menghasilkan pendidikan dengan kualitas yang tinggi.
    • Banyaknya pilihan jurusan memastikan bahwa murid akan mencari lembaga yang cocok dengan kepentingan akademik dan social yang mereka butuhkan.
    • Amerika merupakan salah satu negara multicultural yang memiliki banyak kota,.
    • Kota dan penduduk Amerika Serikat adalah sangat bervariasi. Dimanapun Anda memilih untuk belajar, Anda akan menemukan budaya daerah yang kaya dalam sejarah, tradisi lokal dan adat istiadat. Amerika Serikat adalah sebuah masyarakat multi-ras yang masih menampung pendatang baru, yang membuatnya menjadi tempat yang sangat dinamis dan menarik untuk pengalaman.
    • Amerika Serikat adalah pemimpin di berbagai bidang teknologi.
    • Amerika Serikat berada pada puncak daftar dalam hal jumlah dana yang dikeluarkan untuk penelitian
    • Banyaknya kegiatan yang bisa diikuti di Amerika Serikat, kegiatan ini akan membantu para murid untuk bersosialisasi dan mengembangkan kemampuan bahasa mereka..

    Sistem Pendidikan di Amerika

    Orang Amerika menempuh 12 tahun pendidikan di primary dan secondary school. Dengan ijasah dari secondary school (high school), mereka dapat melanjutkan studinya ke college, university, vocational (job training) school, secretarial school, dan professional school lainnya.

    Primary dan Secondary School: Anak-anak di Amerika masuk sekolah (primary school) pada umur sekitar 6 tahun. Mereka belajar di sana selama 5 atau 6 tahun. Kemudian mereka melanjutkan ke sekolah lanjutan (secondary school) yang terdiri dari 3 tahun di "middle school" atau "junior high school" dan 3 atau 4 tahun di "senior high school" (sering disebut high school saja). Orang Amerika menyebut kelas/tingkat dalam 12 tahun pertama sekolah ini dengan istilah "grade".

    Higher Education: Sesudah menyelesaikan high school (twelfth grade), mereka dapat melanjutkan studinya ke college atau university. Pendidikan di college atau university ini dikenal sebagai pendidikan tinggi ("higher education"). Kita harus tahu jenjang pendidikan di negara kita yang setingkat dengan twelfth grade di AS. Kita juga harus memastikan apakah perlu menempuh 1-2 tahun persiapan sebelum dapat mendaftar ke sekolah di AS.

    Pendidikan di college atau university yang memberikan gelar Bachelor dikenal sebagai pendidikan "undergraduate". Pendidikan lanjutannya disebut pendidikan "graduate" atau "post-graduate".

    Higher Education Institutions di Amerika :

    1. State College atau State University: State school atau sekolah negeri didukung atau diselenggarakan oleh pemerintah (negara bagian atau pemerintah daerah). Ke 50 negara bagian di AS masing-masing memiliki paling tidak satu universitas negeri dan kemungkinan beberapa college negeri. Beberapa sekolah negeri tersebut menggunakan kata "State" sebagai bagian dari namanya.? Biaya per tahun berkisar antara USD$ 9,000 – 17,000

    2. Private College atau Private University: College atau University ini diselenggarakan oleh swasta, bukan oleh pemerintah. Biaya kuliah di sana biasanya lebih tinggi dibanding sekolah negeri. Sekolah-sekolah ini juga kebanyakan lebih kecil dibanding sekolah negeri.? Jumlah murid dalam satu kelasnya pun lebih sedikit bila dibandingkan dengan college dan university dari pemerintah.? Biaya per tahun berkisar antara USD$ 20,000 – 39,000

    3. Community College: Banyak negara yang tidak memenuhi criteria untuk masuk langsung ke dalam universitas.? Ini adalah salah satu solusinya, community college berperan sebagai jembatan yang menghubungkan murid dengan universitas.? 2 tahun di community college, murid mendapat gelar Associate Degree, gelar ini pun bisa dipaki untuk bekerja di beberapa perusahaan tertentu.? Syarat masuk ke community college lebih mudah dan uang yang dikeluarkan pun lebih murah jika dibandingkan dengan universitas. Jumlah murid di setiap kelas biasanya sedikit dan tidak begitu kompetitif dibanding universitas negeri yang besar.? 2 tahun di community college dapat membantu murid internasional untuk mengembangkan kemampuan bahasa mereka dan beradaptasi dengan sistem pendidikan di AS.

    Mahasiswa yang sudah menyelesaikan program di community college dapat mentransfer kreditnya ke college atau university untuk melanjutkan ke pendidikan undergraduate. Program transfer ini bisa banyak membantu mahasiswa asing. Dua tahun di community college memberi kesempatan kepada mereka untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggrisnya dan menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan dan pola hidup di AS.? Biaya per tahun berkisar antara : USD$ 7,000 – 9,000

    4. Professional School: Professional school mendidik mahasiswanya dalam bidang-bidang seperti seni, musik, bisnis, dan profesi-profesi lainnya. Beberapa di antaranya merupakan bagian dari universitas, sebagian lagi merupakan sekolah tersendiri. Beberapa professional school menawarkan gelar graduate.

    5. Institute of Technology: Dibutuhkan paling tidak empat tahun masa belajar di bidang science dan teknologi. Beberapa di antaranya memiliki program graduate. Yang lainnya mirip dengan community college serta menawarkan program-program yang lebih pendek di bidang yang lebih mudah.

    6. Technical Institute: Di technical institute diajarkan bidang-bidang seperti teknologi medis atau teknik industri. Walaupun pendidikan ini dapat memberi bekal untuk karir yang kita inginkan, gelar yang kita dapat di sini tidak selalu ekuivalen dengan gelar dari college atau university. Beberapa college dan university tidak mengakui kredit dari lembaga ini dalam program transfer. Jika Anda bermaksud mengikuti pendidikan di salah satu technical institute ini, disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah pemerintah, college, atau university di AS mengakui gelar yang diberikan.

    7. Church-related School: Banyak college dan university di AS yang didirikan oleh lembaga-lembaga keagamaan. Walaupun demikian hubungan antara sekolah dan organisasi pendirinya bisa sangat fleksibel. Kadang-kadang sekolah ini lebih menyukai mahasiswa yang datang dari latar belakang yang sama dengan pendirinya. Tetapi hampir semua sekolah menerima mahasiswa dari agama dan kepercayaan apapun.